Sabtu, 19 Maret 2011

wisata China




China memiliki beberapa tempat yang sayang jika Anda lewatkan saat berlibur ke sana. Berikut tempat-tempat istimewa itu.
Tian’anmen
Bisa dibilang Tian’anmen adalah gerbang paling monumental di dunia. Salah satu alasannya karena ukurannya yang begitu besar. Panjangnya sekitar 66m dengan lebar 37m dan tinggi 32m. Bangunan yang dominasi warna merah ini dulu berfungsi sebagai gerbang utama menuju Imperial Palace. Dari sini gerbang utama Anda bisa menuju Tian’anmen Square yang merupakan alun-alun terbesar di dunia. Di ruang terbuka seluas
440.000m2 atau kira-kira setara 69 kali luas lapangan sepak bola ini Anda bisa melihat Tiananmen Tower dan Monument to the People’s Heroes yang dikelilingi tembok marmer berukir tokoh pahlawan modern China.
Forbidden city
Semasa pemerintahan dinasti Ming dan Qing, Forbidden city (Gu Gong) adalah istana tempat tinggal kaisar. Bangunan di Utara Tiananmen Square ini merupakan istana terbesar di dunia. Dibangun di atas lahan seluas 74 ha, istana tersebut dikelilingi oleh parit sedalam 6m dan tembok setinggi 10m. Yang menakjubkan, Forbidden City punya 9.999 kamar yang dulu jadi tempat tinggal para selir dan tamu raja.
Temple of heaven
Siapkan stamina Anda untuk berkeliling Temple of Heaven, Kuil yang didirikan tahun 1420 ini luasnya tiga kali Forbidden City. Bangunan utamanya adalah Altar of Prayer for Good Harvests, Imperial Vault of Heaven dan Circular Mound Altar. Diantara ketiganya yang paling unik adalah The Circular Mount Altar, yang konon merupakan tempat Kaisar berdoa pada para dewa di surga. Tepat di tengah altar tersebut ada batu bulat yang disebut  sebagai Center of Heaven Stone. Batu ini akan bergema bila Anda berteriak didepannya.
Great wall
Dari kejauhan, tembok raksasa sepanjang 8.851,8 km tersebut terlihat seperti ular naga yang meliuk-liuk. Sekalipun berusia lebih dari 2.000 tahun, bangunan yang pernah terpilih sebagai satu dari 7 keajaiban dunia ini tak kehilangan pesonanya.
Summer palace
Menurut kisah, istana ini adalah hadiah yang diberikan Kaisar Qing kepada sang ibu suri sebagai tempat untuk bersantai. Bangunan tersebut memang sempat terbakar saat penyerangan tentara Prancis pada 1860, dan baru sekitar tahun 1888 istana ini direnovasi serta diperluas oleh ratu CiXi. Summer Palace didominasi oleh taman-taman indah yang memadukan antara gaya taman khas daerah Utara dan Selatan China.
Ming Tomb
Merupakan areal pemakaman 13 dari 15 kaisar yang berkuasa di era  Dynasti Ming. Di antara ke 13 makam tersebut, ada satu yang unik, yakni makam Kaisar Wanli. Kaisar yang dikenal nyeleneh ini sudah mendesain makamnya sejak ia berumur sangat muda.  Butuh waktu 7 tahun untuk menuntaskan pembangunan makam tersebut.
Olympic Bird Nest Stadium
Di sinilah Olimpiade tahun 2008 lalu digelar. Seperti namanya, stadion tersebut terlihat unik dengan desain mirip sarang burung raksasa. Pembangunan Bird’s Nest Stadium atau yang lebih dikenal dengan nama Beijing National Stadium menelan biaya cukup spektakuler, yakni 3.5 Milyar Yuan atau sekitar UD$500 juta.
Little potala palace
Namanya dalam bahas setempat adalah Putuo Zongcheng Temple yang berarti Little Potala Palace. Kuil yang menyerupai Potala Palace di Tibet ini merupakan bagian dari Eight Outer Temples. Bangunannya memadukan antara gaya arsitektural China dan Tibet. Luas keseluruhan kuil tersebut 220.000m2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer